Binahong

Binahong atau Anredera cordifolia atau dalam bahasa Tionghoa disebut Deng San Chi merupakan tanaman herbal yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian, daun binahong mengandung:
1. Saponin
Saponin adalah glikosida triperpena dan sterol yang terdapat pada hampir 90 jenis suku tumbuhan. Saponin merupakan salah satu senyawa aktif permukaan dan sifatnya seperti sabun, serta dapat dideteksi berdasarkan kemampuan membentuk busa dan kepahitannya. Ada 2 macaam saponin, yaitu glikosida triterpenoid alchohol dan sapogenin dengan struktur steroid. Kedua saponin ini larut dalam air dan etanol tetapi tidak larut dalam eter.

2. Polifenol
Senyawa polifenol meliputi aneka ragam senyawa yang berasal dari tumbuhan, yang mempunyai ciri sama yaitu cincin aromatik yang mengandung satu atau dua penyulih hidroksil. Polifenol cenderung mudah larut dalam air.

3. Alkanoid
Alkaloid merupakan zat pada tumbuhan yang bersifat basa serta mengandung satu atau lebih atom hydrogen. Umumnya alkaloid tidak berwarna, bersifat optis aktif dan sedikit yang berupa cairan pada suhu kamar

4. Minyak atsiri
Minyak jenis ini banyak terdapat pada aneka jenis tanaman, umumnya terkandung pada bagian daun, biji, bunga, batang, kulit, dan akar. Minyak atsiri bersifat mudah menguap ( minyak eteris ). Biasanya dimanfaatkan sebagai bahan antiseptik eksternal maupun internal, sedative, stimulant, meringankan sakit pada perut, dan dalam dunia industri sering dijadikan sebagai bahan campuran minyak wangi dan sabun.

5. Asam Oleanik
Asam oleanik meruapakan salah satu antioksidan dalam tanaman yang merupakan golongan triterpenoid. Asam oleanik dapat memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap racun yang masuk kedalam tubuh, membantu meningkatkan sistem pertahansel, dan anti-inflmasi.

Manfaat  Binahong:

  1. Mempercepat pemulihan patah tulang
  2. Mempercepat pemulihan luka pasca operasi melahirkan
  3. Mempercepat pemulihan khitan dan segala luka dalam/luar
  4. Membantu melancarkan dan menormalkan tekanan darah
  5. Meningkatkan vitalitas
  6. Mencegah stroke
  7. Mengobati radang usus dan ginjal
  8. Mengobati ambeien
  9. Mengobati disentri
  10. Mengobati typus
  11. Membantu mengobati aru-paru berlubang
  12. Mengobati sesak napas
  13. Membantu meringankan gegar otak
  14. Mengatasi jerawat
  15. Melancarkan haid