Kanker

Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline). Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasinya dan karakter dari keganasan dan apakah ada metastasis. Sebuah diagnosis yang menentukan biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi.

Peningkatan jumlah sel tak normal umumnya membentuk benjolan yang disebut Tumor atau Kanker. Tidak semua Tumor bersifat Kanker. Tumor yang bersifat Kanker disebut Tumor ganas, sedangkan yang bukan Kanker disebut Tumor jinak. Tumor jinak biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong, sel Tumor jinak tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh penderita. Bila tak terawat, kebanyakan Kanker menyebabkan kematian. Penyakit yang menduduki peringkat atas penyebab utama kematian di negara berkembang ini dengan deteksi sejak dini dapat dicegah dan disembuhkan. Disamping itu banyak faktor lingkungan penyebab Kanker yang sebenarnya bisa dihindari.

Jenis-jenis Kanker
Secara garis besar, Kanker dibagi 4 jenis, yaitu:
• Karsinoma, yaitu Kanker yang tumbuh dan berkembang di sel epitel.
• Sarkoma, yaitu Kanker yang tumbuh dan berkembang di jaringan penunjang, seperti jaringan penunjang payudara.
• Leukemia, yaitu Kanker yang menyerang jaringan dan menghasilkan darah.
• Limfoma, yaitu Kanker yang menyerang jaringan limfa.

Faktor Penyebab Kanker
Penyebab Kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab Kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya Kanker, sebagai berikut :

• Faktor Keturunan (Genetik)
Keluarga tertentu yang pernah memiliki riwayat kanker beresiko lebih tinggi untuk menderita Kanker bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis Kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah Kanker payudara, Kanker indung telur, Kanker kulit dan Kanker usus besar.

• Faktor Lingkungan
1. Merokok meningkatkan resiko terjadinya Kanker paru – paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.
2. Sinar ultraviolet dari matahari.
3. Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir  dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh.

• Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.
Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab Kanker, terutama Kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan Kanker antara lain yaitu makanan yang diasap, dibakar, dan diasamkan, minuman yang mengandung alkohol, zat pewarna makanan, Penyedap masakan MSG, logam berat seperti merkuri pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb., serta berbagai makanan yang diproses secara berlebihan.

• Faktor Virus
Perlu kita ketahui berbagai jenis virus yang menjadi penyebab kanker, diantaranya:
1. Virus Papilloma menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis), salah satu penyebab Kanker leher rahim pada wanita.
2. Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (Kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah)
3. Virus Hepatitis B dapat menyebabkan Kanker hati.
4. Virus Epstein – Bar (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menyebabkan Kanker hidung dan tenggorokan.
5. Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV.

• Faktor Infeksi
1. Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan Kanker kandung kemih.
2. Infeksi oleh Clonorchis menyebabkan Kanker pankreas dan saluran empedu.
3. Helicobacter Pylori adalah bakteri yang mungkin merupakan penyebab Kanker lambung.

• Faktor perilaku
1. Merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan, juga peminum alkohol.
2. Hubungan intim di usia dini dan sering berganti-ganti pasangan.
3. Gangguan Keseimbangan Hormonal.
4.  Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya Kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko Kanker payudara, Kanker leher rahim, Kanker rahim dan Kanker prostat dan buah zakar pada pria.

• Faktor Kejiwaan, Emosional
Stres yang berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan Kanker.

• Radikal Bebas
Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber – sumber radikal bebas :
1. Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme.
2. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan dan minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari.
3. Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan atau dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Pencegahan terhadap penyakit juga akan menghindarkan kita dari biaya pengobatan yang sungguh luar biasa mahalnya. Tidak ada satupun penyakit yang ada di muka bumi ini yang tidak mampu untuk dicegah. Sebaliknya, banyak sekali penyakit yang sampai saat belum ditemukan obatnya. Seperti halnya penyakit lain, kanker pun bisa dicegah dengan melakukan deteksi dini. Semakin dini kanker diketahui maka pengobatan yang dilakukan akan semakin bagus hasilnya. Dengan demikian Kanker dapat disembuhkan dan salah satunya dengan pemanfaatan tumbuhan herbal yang ada di lingkungan kita.

Kami menyediakan ramuan dengan paduan sinergis berbagai herbal pilihan yan efektif membantu merontokkan sel-sel kanker.