Kolesterol

Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Sebagai kolesterol baik, HDL bertugas mengambil kolesterol jahat serta fosolipida darah dan menyerahkan pada lipoprotein lain, untuk diangkut kembali ke hati.

Sebagian orang merasakan sakit kepala dan pegal-pegal sebagai gejala awal. Gejala ini muncul sebagai akibat dari kurangnya oksigen. Kadar koleterol yang tinggi menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi kurang. Meskipun demikian rasa sakit kepala dan pegal-pegal tidak selalu menjadi tanda bahwa seorang penderita memiliki kolesterol tinggi karena hal tersebut bukan gejala dan tanda spesifik. Namun biasanya penderita kolesterol tinggi (hiperkolesterol) diketahui setelah dinyatakan menderita penyakit jantung koroner atau penyakit stroke.

Kolesterol dalam darah terbagi menjadi 2 jenis, yakni kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Jika LDL terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kolesterol baik HDL dapat menyebabkan penempelan di dinding pembuluh darah.

Kolesterol yang berlebihan bisa menempel di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Inilah sebabnya kolesterol menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Faktor penyebab penyakit kolesterol :
1. Faktor keturunan. Apabila ada keluarga yang berkolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak memiliki resiko untuk mempunyai kolesterol tinggi.
2. Faktor usia. Setelah usia 20 tahun, kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. Sedangkan pada wanita, kolesterol akan mudah untuk naik setelah menopause.
3. Makanan terlalu banyak lemak jenuh
4. Kelebihan berat badan
5. Kurang berolahraga
6. Merokok
7. Gaya hidup yang tidak sehat
8. Stres
9. Diabetes mellitus
10. Minum kopi berlebihan
11. Obesitas