Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan resiko patah tulang (WHO 1994).

Beberapa macam osteporosis
1. Primer
a. Osteoporosis Postmenopausal
Terjadi karena turunnya kadar estrogen yang merupakan hormon utama pada wanita yang menyebabkan osteoklas (sel perusak tulang) menjadi lebih aktif dan pembentukan tulang menurun sehingga hilangnya massa tulang berlangsung cepat. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia antara 51 – 75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat atau lebih lambat.

b. Oteoporosis senilis
Terjadi akibat kekurangan kalsium yang beruhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan antara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita.

2. Osteoporosis Sekunder
Dialamikurang dari 5% penderita osteoporosis yang disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal (terutama tiroid, paratiroid, dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan).

3. Osteoporosis Juvenil Idiopatik
Merupakan jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. Terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon dan vitamin yang normal, serta tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang.

Gejala Osteoporosis

  1. Kelainan bentuk tulang. Jika kepadatan tulang sangat kurang, tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk.
  2. Nyeri menahun. Kolaps tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun.
  3. Patah tulang. Patah tulang merupakan bagian dari 5 gejala utamaosteoporosis.
  4. Patah tulang lengan. Patah tulang lengan (radius) di daerah persambungannya dengan pergelangan tangan paling sering terjadi pada penderita osteoporosis, yang disebut fraktur colles.
  5. Lama sembuh. Patah tulang cenderung menyembuh secara perlahan, dan membutuhkan waktu yang lama pada penderita osteoporosis.

Faktor Penyebab osteoporosis:

  1.  Faktor usia. Wanita yang sudah menopause lebih berpotensi terserang osteoporosis. Hal ini karena pada wanita menopause produksi hormon estrogen akan berkurang sehingga berakibat pada penurunan fungsi faktor pembentukan tulang.
  2. Konsumsi obat-obatan yang mengandung kortikosteroid dalam jangka lama, misalnya obat asma, lupus dan lain sebagainya.
  3. Gaya hidup yang kurang sehat, antara lain merokok dan minum-minuman beralkohol.
  4. Kurang asupan kalsium.
  5. Kurang latihan fisik dan aktivitas
  6. Haid tidak teratur atau lama tidak haid
  7. Kurang paparan sinar matahari. Cukup paparan sinar matahari selama 30 menit, yaitu sebelum jam 9 pagi dan sesudah jam 4 sore bisa menghindarkan serangan osteoporosis.

Kami menyediakan ramuan herbal untuk membantu mengatasi Osteoporosis