Sarang Semut

Sarang Semut (myrmecodia tuberossa) merupakan tanaman herbal yang berasal dari Papua.

Kandungan yang terdapat pada Sarang Semut, antara lain:

  1. Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai anti-oksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker.
  2. Tanin merupakan astrigent yang mengikat dan mengendapkan protein berlebih dalam tubuh.Dalam bidang pengobatan, tanin digunakan untuk mengobati diare, hemostatik (menghentikan pendarahan), dan wasir.
  3. Polifenol. Banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Manfaat dari polifenol adalah sebagai anti-mikroba dan menurunkan kadar gula darah.
  4. Asam fenolik merupakan kelas dari anti-oksidan atau senyawa yang menghilangkan radikal bebas yang menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan perubahan pada DNA yang dapat menimbulkan kanker dan penyakit lain.
  5. Tokoferol. Penelitian menunjukkan bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi 12ppm saja sudah mampu meredam radikal bebas hingga 96% sedangkan Sarang Semut kaya akan antioksidan tokoferol hingga 313ppm.
  6. Magnesium dikenal sebagai mineral yang vital bagi kesehatan jantung. Efek mineral ini dalam tubuh diantaranya dapat melebarkan arteri koroner, melancarkan aliran darah menuju jantung, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan mempertahankan irama jantung yang normal.
  7. Kalsium selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga dapat meringankan gejala PMS pada wanita dan membantu memelihara irama jantung yang normal.
  8. Besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, komponen yang berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seleluruh tubuh termasuk organ-organ dan otot-otot tubuh.
  9. Fosfor berfungsi dalam penyerapan kalsium dan produksi energi.
  10. Natrium memiliki peranan dalam keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh dan impuls saraf.
  11. Kalium berfungsi dalam ritme jantung, impuls saraf, dan keseimbangan asam-basa.
  12. Seng memiliki fungsi dalam sintesis protein, fungsi seksual, penyimpanan insulin, metabolisme karbohidrat dan penyembuhan luka.

Manfaat Sarang semut

  1. Rematik. Terkait dengan khasiat flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan anti-oksidan serta tokoferol sebagai anti-oksidan dan multi-mineral yang terkandung dalam sarang semut yang sudah terbukti dapat menyembuhan penyakit encok atau rematik.
  2. Jantung Koroner. Kemampuang sarang semut untuk mengobati berbagai gangguan jantung ada kaitannya dengan kandungan multi-mineral sarang semut, terutama kalsium dan kalium.
  3. Darah Tinggi (Hipertensi). Sebagai obat alami untuk darah tinggi, sarang semut mengandung flavonoid yang mencegah penggumpalan darah sehingga jika mengkonsumsi sarang semut secara rutin, maka tekanan darah tinggi dapat terhindarkan. Selain flavonoid, sarang semut juga memiliki senyawa tokoferol yang terbukti mampu mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi dapat diatasi.
  4. Migrain (Sakit Kepala Sebelah). Terkait dengan fungsi flavonoid dan multi-mineral dalam sarang semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.
  5. Sakit Maag (Lambung). Yang berperan dalam pengobatan maag adalah flavonoid yang terkandung dalam sarang semut sebagai anti-bakteri.
  6. Stroke. Pengobatan stroke kemungkinan sangat berkaitan dengan kandungan multi-mineral yang terkandun dalam sarang semut.
  7. Diabetes Mellitus (Kencing Manis). Khasiat sarang semut dalam membantu pengobatan diabetes yaitu dengan memulihkan fungsi organ tubuh, khususnya pankreas agar dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.
  8. Kanker dan Tumor. Jenis-jenis kanker dan tumor, baik jinak maupun ganas yang dapat disembuhkan dengan sarang semut adalah kanker otak, kanker hidung, kanker panyudara, kanker lever/hati, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat dan kanker darah (leukemia), kecuali kanker tenggorokan dan rongga mulut.Kemampuan tersebut berkaitan dengan kandungan flavonoid. Ada beberapa mekanisme kerja flavonoid dalam melawan kanker/tumor, seperti inaktivasi karsinogen, anti-prolferasi, penghambat siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.
  9. Memulihkan Stamina. Sarang semut sangat baik untuk memulihkan stamina tubuh.
  10. Alergi Hidung. Alergi hidung, mimisan dan juga bersin-bersin dapat diobati menggunakan sarang semut. Senyawa tokoferol yang terdapat didalamnya bisa membuat bersin-bersin tidak muncul lagi.
  11. Ambeien (Wasir). Dengan kandungan flavonoid dan tannin yang cukup tinggi dapat menyembuhkan penyakit wasir atau ambeien, baik yang lama maupun baru.
  12. Benjolan dalam Payudara. Benjolan-benjolan pada payudara merupakan suatu gejala dari pembengkakan yang dapat dikatakan menjadi bagian dari gejala atau tanda timbulnya kanker payudara. Kandunan flavanoid pada sarang semut dapat menghancurkan kumpulan dari cairan yang menjadi penyebab dari benjola payudara.
  13. Haid dan Keputihan. Kandungan flavonoid, tannin, dan kandungan mineral seperti kalsium dan seng dapat mengobati masalah keputihan dan melancarkan siklus menstruasi wanita.
  14. Melancarkan Peredaran Darah. Selain kandungan antioksidan yang tinggi dari flavonoid dan tokoferol dapat melancarkan menstruasi dan mengatasi keputihan. Kedua kandungan tersebut juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen didalam tubuh sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan oksigen dan darah.
  15. Penyakit Paru-Paru (TBC). Penyakit paru-paru atau tuberkulosis (TBC) yang penyebab utamanya paling umum dan banyak terjadi disebabkan oleh kebiasan buruk yang dijalani seperti perokok aktif, konsumsi alkohol tinggi, dsb. Sarang semut juga dikenal sebagai antivirus yang cukup baik dapat mengobati penyakit jenis ini.
  16. Melancarkan dan Meningkatkan ASI. Sarang semut juga sangat baik dikonsusmi oleh ibu yang sedang dalam menyusui untuk meningkatkan produksi dan kualitas Air Susu sehingga menjadikan bayi lebih sehat, selain itu sarang semut dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan stamina serta kesehatan pasca melahirkan dan mengembalikan kerapatan organ intim wanita.