Spirulina

Spirulina merupakan tumbuhan air sejenis ganggang yang berwarna hijau kebiru-biruan. Tumbuhan ini berbentuk spiral dan bersel satu. Spirulina juga merupakan tanaman yang mengandung sumber natural vitamin B-12 terbanyak, mempunyai 70% asam amino dan mengandung keseluran aneka warna dan carotene yang alami dan Xanthophylls phytopigment. Karena itu spirulina disebut juga sebagai “super green food” karena kandungan nutrisinya yang luar biasa sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Spirulina :
1. Phycochyanin, sebagai zat anti virus, anti peradangan, anti kanker, dan berkhasiat meningkatkan kemampuang tubuh dalam memproduksi sel darah putih).
2. Chlorofil, sebagai zat anti oksidan (mencegah kerusakan sel/radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh), anti toxic/racun, anti kanker.
3. Zeaxantin, bermanfaat untuk nutrisi otak & mata
4. Betakaroten, sebagai zat untuk anti body/imunitas (sistem kekebalan tubuh)
5. Phytonutrient, bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker dan radikal bebas.
6. Neutraceutical, bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh, mencegah kanker dan anti radiasi.
7. Enzyme Super Oxyde Dismutase (SOD) mempunyai aktifitas jauh lebih kuat dari antioksidan pencegah kanker, dengan cara mencegah terjadinya mutasi genetik secara aktif pada sel tubuh.
8. Asam Lemak Essensial, berfungsi melebarkan pembuluh darah, anti peradangan, dan pengencer darah.

Selain itu, spirulina mengandung kurang lebih 12 vitamin, 11 mineral, 4 pigmen penting, dan mempunyai 70% protein.

Manfaat Spirulina:
1. Meningkatkan sistem imunitas
Spirulina bekerja meningkatkan produksi antibodi, cytokines (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.
2. Sebagai suplemen protein
Spirulina telah digunakan secara tradisional sebagai suplemen alami.
3. Mengatasi anemia
Spirulina juga dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih dan hemoglobin.
4. Mengatasi alergi
Spirulina juga dapat melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala altergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.
5. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan antibiotik
Meskipun menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik yang disebut probiotik seperti Lactobacillus acidophilus yang terkadang menyebabkan diare. Spirulina terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan Lacidophilus dan probiotik lain.
6. Mengatasi infeksi
Spirulina memiliki kemampuan menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus dan virus HIV.
7. Mengatasi kanker mulut
8. Mengatasi kerusakan lever
Spirulina dapat membantu melawan perusakan lever dan cirrhosis (gagal lever) pada hepatitis kronis.
9. Mengurangi resiko kanker
Spirulina membantu menunjang fungsi kardiovaskular dan keseimbangan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikasi serta mengurangi resiko kanker dengan melindungi tubuh dari readikal bebas.
10. Mengurangi efek kemoterapi
Spirulina mengurangi efek yang tidak baik dari kemoterapi, seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mula muntah, tenggorokan kering ataupun cemas.