Alasan Meyakinkan Mengapa Harus Mengurangi Makan Gula

Salah satu kebutuhan tubuh yang utama adalah karbohidrat, dan gula merupakan salah satu bentuk karbohidrat yang paling nyata. Namun tidak selamanya Anda bisa mengonsumsi gula apalagi secara berlebihan karena dampaknya justru buruk untuk kesehatan.

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan mengandung gula, seperti berikut ini:

1. Gula mempengaruhi produksi insulin
Ketika kadar gula darah menurun, energi tubuh juga akan menurun sehingga berpengaruh pada mood Anda. Dan ketika makan makanan manis, mood jadi meningkat karena energi juga meningkat. Tapi ini justru tidak baik karena pengaruhnya pada produksi insulin yang berlebihan.

2. Gula berubah jadi lemak
Anda pasti tahu bahwa makan makanan manis bisa membuat Anda gemuk. Ini karena gula diubah menjadi lemak di dalam tubuh, dan jika makan berlebihan bisa membuat Anda gemuk.

3. Mempercepat penuaan
Jangan kira gula hanya bisa membuat Anda gemuk, tapi juga membuat Anda cepat tua. Ini karena gula membentuk Advanced Gycation Ends (AGE) yang merusak kolagen kulit dan elastisitasnya. Semakin sering makan makanan manis maka kulit semakin keriput.

4. Memengaruhi kekebalan tubuh
Gula membuat pankreas membentuk insulin yang mana akan menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, insulin juga memproduksi hormon yang bisa merusak sistem imun dan meningkatkan risiko diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Jadi, masih suka makan makanan manis sampai sekarang? Pikirkan lagi ya.