FAKTOR PENYEBAB KANKER PARU-PARU

1. ROKOK
Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru yang tak terbantahkan. Paparan asap rokok yang mengandung berbagai zat berbahaya ini menyebabkan kerusakan sel-sel yang melapisi paru-paru. Pada awalnya sel-sel tersebut dapat memperbaiki kerusakan namun lama-kelamaan kerusakan tersebut dapat menjadi parah akibat lambatnya proses memperbaiki diri sedangkan paparan asap rokok terjadi berulang-ulang setiap harinya. Selanjutnya, sel-sel tersebut menjadi abnormal sehingga lama-kelamaan sel tersebut menjadi kanker.

2. POLUSI UDARA
Orang yang sering terpapar udara yang tercemar biasanya akan lebih mudah terserang kanker paru-paru. Karena udara yang tercemar ini biasanya banyak mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dihasilakan oleh kendaraan bermotor, pembangkit listrik, emisi industry dan lain-lain. Selain itu juga bias dating dari pemansan di rumah penduduk dan emisi dari pertanian

3. FAKTOR GENETIK
Factor genetik juga merupakan pemicu utama kanker paru-paru. Orang dengan riwayat kanker paru-paru biasanya akan lebih mudah terjangkit kanker paru-paru jika dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai riwayat kanker paru-paru.

4. PENYAKIT PARU
Penderita penyakit paru-paru kronik seperti TBC memiliki kemungkinan menderita kanker paru-paru lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki penyakit paru-paru kronik.