Manfaat Daun Tempuyung Untuk Batu Ginjal

Tempuyung (Sonchus arvensis) merupakan jenis tumbuhan liar yang dikenal karena khasiatnya sebagai peluruh batu ginjal karena sifatnya yang diuretik (peluruh). Telah banyak penelitian yang mengamati dan meneliti khasiat tempuyung dalam mengatasi batu ginjal. Sifat diuretic pada tempuyung mampu memantu memperlancar pembuangan air kecil sehingga mempermudah peluruhan batu ginjal. Selain itu, kandungan kalium dalam jumlah yang tinggi pada tempuyung mampu membuat batu ginjal yang berupa kalsium karbonat tercerai berai hingga larut ke dalam urine.

Selain itu, kandungan tempuyung yang terdiri dari berbagai mineral dan senyawa aktif juga membuat tempuyung mampu mengatasi penyakit lainnya.

Daun tempuyung mengadung ion-ion mineral seperti silika, kalium, magnesium, dan natrium. Daun tempuyung juga mengandung senyawa organic seperti flavonoid (kaempferol, luteolin-7-0 glukosida, dan apigenin-7-0-glukosida), taraksasterol, inositol, kumarin (skepoletin), dan asam folat (sinamat, kumarat, dan vinalat). Daun tempuyung mempunyai rasa pahit tapi bersifat mendinginkan.

Karena kandungan tempuyung itulah yang membuat tempuyung mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menetralkan dan melancarkan peredaran darah, memperlancar pengeluaran air kencing, menurunkan panas, mengatasi asam urat, darah tinggi dan sebagai penawar racun. Tempuyung juga bersifat antiradang sehingga bisa digunakan untuk mengobati radang saluran kencing, radang usus, radang payudara dan mengurangi bengkak.