Tips Sehat Menambah Berat Badan

Permasalahan berat badan tidak hanya dialami oleh orang yang berbadan gemuk saja tetapi juga dialami oleh orang yang berbadan terlalu kurus. Secara umum, kesehatan tubuh dapat dipelihara dengan menjaga berat badan dalam batas ideal. Berat badan yang ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Pola makan seimbang dan olah raga teratur dapat mempengaruhi nafsu makan yang adakn berdampak pada berat badan seseorang. Apabila anda menginginkan tubuh yang lebih gemuk dan ideal anda perlu mengetahui terlebih dahulu berat badan ideal anda.

Untuk mengetahui berat badan ideal tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengetahui rumus yang benar yang telah ditetapkan secara internasional. Berikut ini adalah rumus untuk mengetahui berat badan ideal anda:

1. Untuk Wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))
Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

2. Untuk Pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Kedua rumus di atas bisa anda jadikan acuan sebagai cara menghitung berat badan ideal anda. Pentingnya mengetahui berat ideal tersebut tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan anda. Karena seperti kita ketahui jika berat badan berlebihan itu tdaik baik buat kesehatan demikian juga sebaliknya bagi yang kurang.

Untuk anda yang memiliki berat badan di bawah ideal anda bias menerapkan pola makan seimbang. Umumnya pola makan gizi seimbang digambarkan sebagai piramida. Namun, kini dapat digunakan panduan piring makan untuk memenuhi gizi seimbang, sebagai berikut :

  • ½ dari piring makan terdiri dari sayur dan buah-buahan. Maksimalkan dengan konsumsi dari beragam jenis dan warna.
  • ¼ dari piring diisi dengan protein. Anda dapat memilih ikan, ayam atau kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging merah ataupun daging olahan seperti sosis.
  • ¼ dari piring makan dipenuhi dengan biji-bijian utuh dari beras, gandum atau pasta. Kandungan gula dari roti atau beras berwarna putih tergolong tinggi, sebaiknya berhati-hati untuk yang memiliki masalah dengan gula darah.
  • Lengkapi dengan sedikit minyak, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung dan lain-lain. Hindari minyak hidrogenasi yang mengandung lemak jenuh.
  • Konsumsi air putih, teh, atau kopi. Batasi susu dan produk turunannya, hanya sekitar 1-2 kali per hari, jus sekitar satu gelas per hari dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Cara terbaik menambah berat adalah dengan makan secara alami –dan sehat, serta memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh.
Berikut ini adalah 10 makanan yang akan dapat menambah berat badanmu secara sehat.

1. Daging Merah

Jika anda ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi. Anda membutuhkan kandungan tinggi lemak dalam setiap potongannya. Selain itu, ada juga iga, sosis sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini tinggi akan kolesterol, dan cocok untuk kebutuhan anda.

2. Susu Sapi Murni

Gantilah susumu dengan susu sapi murni. Terlebih bagi anda yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Anda membutuhkannya untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D.

Untungnya anda bisa menggunakan susu dengan banyak cara seperti mencapurnya dengan sereal, oatmeal, ataupun dalam bentuk segelas susu untuk diminum. Jika anda terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi murni sebagai creamernya.

3. Selai Kacang

Selai kacang dikemas dengan protein dan lemak, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menambah berat badan. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein. Selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E dan juga vitamin B3. Anda bisa menikmatinya bersamaan dengan roti atau oatmeal.

Selai kacang, lezat dan sehat. Baik untuk menambah berat badan.

Ketika memilih produk selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, tanpa kandungan gula tinggi dan berbagai bahan tambahan lainnya. Pelajari kandungannya pada label/kemasan produk masing-masing.

4. Buah-buahan Tropis

Hidup di negara tropis seperti Indonesia, rugi kalau tidak mengeksploitasi berbagai buah tropis yang sangat baik untuk menambah berat badan. Sebut saja pepaya, mangga, pisang, dan nanas, yang memiliki kandungan tinggi gula alami. Buah-buahan ini akan juga akan memberimu energi lebih setiap hari.

Tambahkan sebanyak mungkin buah dalam pola makanmu sehari-hari. Tidak perlu khawatir, karena tidak ada orang yang menjadi terlalu gemuk karena mengkonsumsi buah-buahan.

5. Alpukat

Buah hijau yang populer ini sangat baik untuk menambah asupan lemak sehat ke dalam tubuh anda. Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B. Anda bisa menikmatinya sebagai campuran dalam salad atau dibuat jus segar murni. Nikmat dan sehat, bukan?

6. Roti Gandum

Rajin mengkonsumsi roti bagus sebagai permulaan untuk menambah berat badan secara sehat. Khususnya roti gandung murni. Berbeda dengan potongan roti putih yang biasa kita makan semasa kecil, roti gandum lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya.

Roti gandum mengandung serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak dimiliki roti biasa. Kelebihan ini akan membuat anda kenyang lebih lama dan energi yang lebih, di samping lebih sehat untuk pencernaan.

7. Mentega

Tidak ada yang lebih nikmat selain mentega untuk masakan. Membuat hidangan lebih berkalori dan lebih nikmat tentunya. Mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yang tinggi, sehingga anda bisa menggunakannya setiap ada kesempatan. Gunakan sebagai atasan pada roti atau untuk menggoreng telur saat sarapan pagi.

8. Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan anda. Kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Walaupun terdapat banyak macam kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, namun hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan anda.

Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain itu ada kacang tanah, kacang hijau, polong, dan lain sebagainya.
makanan penambah berat badan.

9. Keju

Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempat. Anda hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai hidangan. Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu. Jadikan keju sebagai isi roti anda atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi protein.

10. Kentang

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, yang pertama dihindari adalah karbohidrat. Berbeda dengan anda yang ingin menambah berat badan, justru harus menambah karbohidrat dalam pola makan anda.

Kuncinya adalah memilih jenis karbohidrat yang memiliki nilai nutrisi. Kentang adalah pilihan sempurna, karena mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang melimpah.

Makan kentang dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Ketika kentang telah dikupas, proteinnya akan berkurang lebih dari setengahnya. Cara yang sederhana adalah dengan membersihkan dan merebus kentang, maka anda dapat mengkonsumsinya buah kentang ‘yang utuh’ begitu mereka telah masak.

Di samping asupan makanan yang sehat dan tepat, olahraga juga akan membantu anda meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Mengikuti program fitnes atau kebugaran dan angkat beban juga dapat membantu membentuk otot tubuh dan memberikan ruang untuk protein yang masuk ke dalam tubuh anda.